TIPS KPR RUMAH

KPRBagi sebagian orang masih ada yang belum mengetahui tentang cara memiliki rumah melalui KPR. Ketika mendengar informasi suku bunga turun buru-buru memutuskan untuk mengajukan KPR.

Tapi proses mendapatkan kredit rumah berbeda dari mendapatkan kredit kendaraan, dan bagi yang tidak mengenali perbedaan ini sering kecewa ketika pemberi pinjaman atau Bank menolak aplikasi pinjaman kredit rumah mereka.

Membekali diri dengan informasi adalah kunci, dan ada beberapa cara untuk menghindari sakit hati dan kekecewaan ini ketika mengajukan permohonan pinjaman kredit rumah sehingga proses membeli rumah adalah suatu pengalaman yang menyenangkan dan menarik.

 

Berikut adalah kiat-kiat membeli rumah melaui KPR yang tepat sehingga pengajuan KPR Anda disetujui :

Siapkan Uang Muka

Persyaratan untuk mendapatkan pinjaman kredit rumah sering berubah, jika Anda dalam waktu dekat ini ingin mengajukan pinjaman kredit rumah , anda harus siap untuk mengeluarkan uang tunai untuk uang muka

Minimum pembayaran uang muka bervariasi dan tergantung pada berbagai faktor, seperti pengembang dan pihak bank. Setiap bank menetapkan kriteria sendiri untuk uang muka.

Jadi untuk membeli sebuah rumah diperlukan uang muka berkisar kurang lebih sampai 30% dari harga pembelian rumah. Apabila dana untuk uang muka belum ada atau belum mencukupi mulailah membuat anggaran bulanan untuk menabung untuk uang muka rumah.

Ketahui nilai kredit Anda

Sebagian pembeli rumah tidak pernah meninjau nilai kredit dan sejarah kredit mereka sebelum mengajukan permohonan KPR, dengan asumsi bahwa mereka mampu dan memenuhi syarat.

Menganalisa untuk mengetahui nilai kredit yang akan disetujui oleh pihak bank akan memudahkan anda untuk mengambil keputusan pembelian rumah baik harga maupun lokasinya. Jadi sebelum anda memutuskan untuk mengambil rumah dengan cara kpr ketahui dulu nilai kredit anda.

Siapkan dokumen persyaratan KPR

Ketika Anda sudah menemukan rumah yang cocok baik lokasi rumah maupun harganya ataupun yang lainnya maka yang perlu anda lakukan adalah mengumpulkan dokumen untuk persyaratan KPR . Setelah dokumen-dokumen ini sudah terkumpul maka proses aplikasi pinjaman Anda akan di proses.

Pihak Bank menyetujui pinjaman kredit rumah Anda berdasarkan informasi yang diberikan dalam dokumen aplikasi KPR Anda.


Hindari Hutang Baru

Apakah Anda layak mendapatkan kredit rumah? dan berapa jumlah nilai kredit yang bisa anda dapatkan dari Bank ? Salah satunya tergantung pada hutang Anda juga. Pihak bank akan mengevaluasi rasio utang terhadap laba/penghasilan sebelum menyetujuinya.

Jika Anda memiliki rasio utang yang tinggi, pihak Bank dapat menolak permintaan pinjaman kredit rumah Anda atau menyetujui dibawah yang diajukan.

Selama dalam proses pengajuan KPR jangan melakukan transaksi kredit yang lainnya karena ini akan berpengaruh terhadap nilai kredit yang akan di setujui oleh pihak bank. Hati hati karena ini akan menurunkan nilai kredit Anda saat pinjaman Anda sedang diproses.

Oke itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat .

3 Responses to TIPS KPR RUMAH

  1. disiplin dalam mengelola keuangan sangat penting dalam persiapan mengambil kredit kpr, saya juga setuju sekali bila kita menghindari hutang baru. Terima kasih infonya ..

  2. Rizal Maulana berkata:

    Postingan yg sangat bermanfaat, terimakasih infonya..

  3. griya satria berkata:

    salam kenal πŸ™‚
    oke gan mkasih info tips kpr rumhny kbetulan ane lgi nyari rumah yg KPR πŸ™‚
    oiya gan btw ane mau tanya ni barangkali agan tahu tmpat yg jual rumah purwokerto yg aman lgi nyaman serta asri itu dmna ya ?
    ditunggu ya gan infonya, mkasih πŸ™‚

Tinggalkan komentar